4 kiat usaha sukses

4 Kiat Pengusaha Sukses dari Sandiago Uno
Jangan pernah pusing dengan urusan ekonomi. Meski harga kebutuhan pokok semakin melangit, selalu ada solusi yang bisa senantiasa diupayakan oleh masih-masing kita sebagai individu. Ialah wirausaha. Menapaki jalan yang pernah dilalui oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa sallam dan digaransi sebagai 9 dari 10 pintu rezeki.

Beriwarusaha memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada ilmunya. Dan salah satu kiat yang bisa ditempuh adalah menapaki jejak yang sudah terbukti keberhasilannya. Di antara banyak kiat itu, Sandiago Uno yang namanya tenar di negeri ini membeberkan kepada kita 4 kiat menjadi pengusaha sukses.

1 Kerja Keras

Jangan menyerah. Jangan lemah. Jangan malas. Usahakan yang terbaik, sesuai dengan potensi yang Allah Ta’ala berikan kepada kita. Kerja keras bukan kerja ala keledai. Kerja keras itu semangat. Mencoba berbagai cara. Senantiasa belajar. Berguru kepada siapa pun. Dan bersungguh-sungguh dalam mengamalkan apa yang diketahui.

Termasuk dalam kerja keras adalah berlaku disiplin, membagi waktu, dan tidak menzalimi diri dan keluarga.

2 Kerja Cerdas

Sebagai pelaku wirausaha, kerja keras tidaklah cukup. Harus cerdas. Bertindak efisien, menemukan berbagai jenis terobosan, mempelajari penemuan-penemuan terbaru, meramu dari banyak pengalaman di lapangan, dan menguasai teknologi sebagai sebuah tuntutan zaman.

3 Kerja Tuntas

Banyak sekali calon wirausahawan saat mengikuti sebuah sesi training motivasi. Ada ribuan. Di forum itu, mereka sangat tergugah untuk berubah. Sayangnya, tidak lama setelah itu, mereka kembali loyo. Dalam perjalanannya, sangat sedikit di antara mereka yang benar-benar tuntas dalam menyelesaikan misi dan mewujudkan mimpinya.

Seorang wirausahawan, tutur Sandiago Uno, jangan malas atau cepat bosan, foskuslah dan selesaikan pekerjaan sesegera mungkin.

4 Kerja Ikhlas

Inilah puncaknya. Banyak pengusaha yang gagal, kata Sandiago, karena berhenti di langkah kedua. Padahal, yang keempat ini merupakan kunci dari ketiga langkah sebelumnya. Bekerja secara ikhlas merupakan jaminan bahwa seorang pengusaha akan mendapatkan apa yang diimpikannya.

“Kita,” tutur sandiago Uno “kadang sudah bekerja (dengan prinsip) satu, dua, dan tiga, tapi hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain. Ingat, orang yang sukses itu jatuhnya 12 kali, tapi bangkitnya 13 kali.”

Wallahu a’lam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s